ASPEK NILAI BUDAYA DALAM CERITA RAKYAT SUMBAWA LALA BUNTAR DARI KABUPATEN SUMBAWA DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

SUHARTI, RANI (2013) ASPEK NILAI BUDAYA DALAM CERITA RAKYAT SUMBAWA LALA BUNTAR DARI KABUPATEN SUMBAWA DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RANI M.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan utama yang dibahas dalam penelitian ini adalah aspek nilai budaya yang terkandung dalam cerita rakyat Lala Buntar dari Kabupaten Sumbawa dan relevansinya pada pembelajaran sastra di SMA. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai dan fungsi budaya dalam cerita rakyat Lala Buntar serta mendeskripsikan relevansi antara nilai budaya yang terkandung dalam cerita rakyat Lala Buntar dengan pembelajaran sastra di SMA. Dalam mendeskripsikan aspek nilai budaya dalam cerita rakyat tersebut, digunakan metode deskriptif kualitatif dengan langkah kerja, yaitu (1) membaca data utama yang berasal dari tulisan kemudian dipadukan dengan data-data yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara, (2) melakukan analisis data dengan mengklasifikasikan data yang telah diperoleh, menginterpretasikan dan mengkaji data dalam bentuk aspek nilai budaya kemudian mengaitkannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Data penelitian berupa kata-kata dalam rangkaian kalimat yang terdapat dalam cerita rakyat Lala Buntar. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa dalam cerita rakyat Lala Buntar, masih ada beberapa nilai dan fungsi budaya yang dapat dijadikan prinsip hidup dalam masyarakat seperti hakikat manusia dengan karya yang lebih mementingkan keterampilan sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidup suatu hari nanti dan hakikat manusia dengan sesama dengan bentuk orientasi sikap kepemimpinan, sikap adil serta sikap selalu mengutamakan musyawarah sebelum memutuskan perkara. Dalam penelitian ini juga dapat disimpulkan bahwa analisis dalam cerita rakyat Lala Buntar dapat dikaitkan dengan pembelajaran sastra SMA yaitu pada kelas X semester 1 dengan kompetensi dasar mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman. Karena dalam cerita rakyat Lala Buntar ini mengandung unsur ekstrinsik nilai budaya yang dapat dijadikan pedoman dalam bertingkah laku serta dapat digunakan untuk mengajari peserta didik tentang keterampilan yang dimiliki untuk dikembangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cerita Lala Buntar, Nilai Budaya, Pembelajaran Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 May 2018 06:04
Last Modified: 16 May 2018 06:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3804

Actions (login required)

View Item View Item