CERMINAN TATA NILAI CERITA ANGLING DARMA SASAK DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

SAHLI, SAHLI (2017) CERMINAN TATA NILAI CERITA ANGLING DARMA SASAK DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis cerminan tata nilai yang ada dalam teks cerita Angling Darma Sasak, sebuah kajian semiotik, jangkauan analisisnya menggunakan kajian semiotik. Bagaimana cerita ini akan dikaji menurut pandangan pakar dan ahli budaya, sehingga teks cerita Angling Darma Sasak ini menjadi suatu kajian yang memiliki nilai yang sama dengan kajian-kajian yang lain. Hal ini dilakukan agar ceita Angling Darma Sasak bisa dipertahankan keberadaannya karena selama ini tidak pernah terungkap keberadaannya. Keberadaan cerita ini di tengah masyarakat merupakan warisan budaya yang diturunkan secara turun temurun dan menjadi warisan budaya yang sangat pantas untuk dipertahankan. Dengan demikian, ini menandakan bahwa kebudayaan masyarakat adalah kepercayaannya terhadap cerita yang berkembang dalam mendeskripsikan struktur naratif mencerminkan hubungan tata nilai kehidupan bermasyarakat saat sekarang ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui keberadaan cerita Angling Darma Sasak yang selama ini masih terpendam di tengah masyarakat suku Sasak. Pendekatan yang digunakan adalah metode wawancara, perekaman, kepustakaan, deskripsi, translait, guna memperoleh informasi yang lebih akurat. Sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan metode deskriftif kualitatif yaitu metode sebagai prosedur pemecahan masalah yang diteliti dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan objek penelitian saat ini dengan didasari faktual yang konkrit. Cerita merupakan suatu hal yang menarik untuk dikaji karena merupakan khazanah dan simbol kebudayaan yang sangat penting untuk dilestarikan walapun tidak mesti harus diyakini. Adapun orang tua yang masih berpegang pada prinsip adat istiadat menganggap bahwa cerita tersebut adalah suatu hal yang mutlak kebenarannya dan mesti hukumnya wajib dihormati.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teori Semiotik, Kualitatif, Tata Nilai, Cerita Sasak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 16 May 2018 05:48
Last Modified: 16 May 2018 05:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3814

Actions (login required)

View Item View Item