PENGARUH PENDEKATAN BERPIKIR KAUSALITIK SCAFFOLDING TIPE 2A MODIFIKASI BERBANTUAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH OPTIK GEOMETRI DAN KREATIVITAS SISWA KELAS XI SMAN 1 MATARAM

TAMAMI, FUAD (2017) PENGARUH PENDEKATAN BERPIKIR KAUSALITIK SCAFFOLDING TIPE 2A MODIFIKASI BERBANTUAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH OPTIK GEOMETRI DAN KREATIVITAS SISWA KELAS XI SMAN 1 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Pendekatan berpikir kausalitik scaffolding merupakan suatu cara khusus untuk memfasilitasi siswa dalam menentukan komponen penyebab dan akibat dari suatu fenomena dan menjelaskan bagaimana setiap akibat itu terjadi disertai beberapa bantuan tahapan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pendekatan berpikir kausalitik scaffolding tipe 2a modifikasi berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah optik geometri dan kreativitas siswa kelas XI SMAN 1 Mataram. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Mataram dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kreativitas. Tes kreativitas sendiri terdiri dari tes kreativitas verbal dan figural. Data KPM dan kreativitas dianalisis dengan menggunakan t-test separated varians pada taraf signifikan 5%. Hasil uji hipotesis untuk kemampuan pemecahan masalah diperoleh thitung > ttabel = 4.5453 > 1.9954 dan untuk kreativitas diperoleh thitung < ttabel = 1.3121 < 1.9954. Berdasarkan hasil analisis tersebut: (1) terdapat pengaruh pendekatan berpikir kausalitik scaffolding tipe 2a modifikasi berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah optik geometri siswa. (2) tidak terdapat pengaruh pendekatan berpikir kausalitik scaffolding tipe 2a modifikasi berbantuan LKS terhadap kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Berpikir Kausalitik, Scaffolding, Kemampuan Pemecahan Masalah, Optik Geometri, Kreativitas
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 16 May 2018 05:47
Last Modified: 16 May 2018 05:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3825

Actions (login required)

View Item View Item