PRAGINA, SAWACU (2013) NILAI MORAL DALAM NOVEL “RUMAH TANPA JENDELA” KARYA ASMA NADIA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA/MA SEDERAJAT. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
SKRIPSI (Sawacu Pragina).pdf Download (431kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bentuk nilai moral yang terdapat dalam novel “Rumah Tanpa Jendela” karya Asma Nadia dan relevansinya terhadap pendidikan karakter di SMA/MA sederajat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan relevansi nilai moral dalam novel “Rumah Tanpa Jendela” karya Asma Nadia terhadap pendidikan karakter di SMA/MA sederajat. Penelitian ini bersifat kualitatif, sumber datanya adalah novel “Rumah Tanpa Jendela” karya Asma Nadia. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode telaah isi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan langkah langkah: (1) Membaca novel; (2) Mencari data; (3) Mereduksi data yang diperoleh; (4) Menarik kesimpulan. Penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal. Berdasarkan hasil analisis mengenai nilai moral dalam novel “Rumah Tanpa Jendela” Karya Asma Nadia ditemukan tiga bentuk nilai moral yang berupa akhlak yaitu: (1) akhlak terhadap Tuhan YME, yaitu a) mengenal Tuhan (Tuhan sebagai pencipta, Tuhan sebagai pemberi (pengasih dan penyayang), Tuhan sebagai pemberi balasan (baik dan buruk); b) hubungan akhlak kepada tuhan YME terdiri dari (ibadah (umum dan khusus), dan meminta tolong kepada Tuhan (usahan dan doa); (2) akhlak terhadap sesama manusia yaitu a) terhadap diri sendiri; b) terhadap orangtua; c) terhadap orang yang lebih tua; d) terhadap sesama; dan e) terhadap orang yang lebih muda; (3) akhlak terhadap lingkungan yaitu sosial-masyarakat-kelompok. Adapun relevansi nilai moral dalam “Rumah Tanpa Jendela” karya Asma Nadia terhadap pendidikan karakter di SMA/MA sederajat adalah nilai moral yang berupa akhlak terhadap Tuhan YME berhubungan dengan nilai religius. Nilai moral yang berupa akhlak terhadap sesama manusia memiliki hubungan dengan nilai peduli lingkungan, tanggung jawab dan kreatif, peduli sosial, kerja keras, mandiri, gemar membaca, toleransi, disiplin, rasa ingin tahu, cinta tanah air, bersahabat dan komunikatif, dan cinta damai. Nilai moral yang berupa akhlak terhadap lingkungan memiliki hubungan dengan nilai pendidikan karakter yaitu peduli sosial.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Nilai Moral, Pendidikan karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 16 May 2018 05:42 |
Last Modified: | 16 May 2018 05:42 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3842 |
Actions (login required)
View Item |