PANDANGAN DUNIA PENGARANG DALAM NOVEL "SAMAN" KARYA AYU UTAMI DAN KAITANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Jannah, Riadul (2013) PANDANGAN DUNIA PENGARANG DALAM NOVEL "SAMAN" KARYA AYU UTAMI DAN KAITANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (141kB)

Abstract

Adapun yang akan dibahas dalam penelitian ini (1) unsur-unsur ekstrinsik yang membangun keutuhan novel Saman, sedangkan unsur intrinsik yang digunakan sebagai data yang mempaliditasi unsur ekterinsik dan (3) hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMA dalam hal ini adalah kemungkinannya sebagai bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan unsur eksterinsik dalam novel Saman serta kaitannya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis dialektika dengan pendekatan sosiologi sastra dan struktural genetik. Data yang digunakan sebagai dasar penelitian ini berupa kata-kata, kalimat, paragraf, maupun dialog atau percakapan yang menggambarkan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam novel Saman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel ini (1) analisis unsur eksterinsik dalam analisis ini yaitu: mempokuskan pada pandangan dunia pengarang yang tidak lepas dari asal usul karya sastra. pandangan dunia dalam karya sastra berfungsi untuk menunjukkan kecenderungan kolektifitas tertentu. Melalui kualitas pandangan dunia inilah karya sastra menunjukkan nilai-nilainya, sekaligus memperoleh artinya bagi masyarakat. Terutama bagi pembaca karena mengetahui pandangan dunia suatu kelompok berarti mengetahui kecenderungan suatu masyarakat. Seperti dari hasil analisis novel ini pembaca memperoleh pemahaman problematika perempuan pada umumnya, nilai-nilai agama yang terkandung didalamnya dan kejadian yang menggambarkan keadaan pada saat itu. (2) hasil analisis unsur ekstrinsik novel ini telah sesuai dengan materi pembelajaran sastra di SMA; (a) Kompetensi Dasar Kelas XI dan XII semester I yaitu : menganalisis dan menjelaskan unsur-unsur interinsik dan eksterinsik novel indonesia/terjemahan. Dari hasil analisis ini siswa diharapkan mampu memahami pengertian toleransi yang sebenarnya dan dapat dijadikan panduan dalam menjalin hubungan antar agam

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): intrinsic, extrinsic, genetic structure, novel, literary learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 May 2018 05:40
Last Modified: 16 May 2018 05:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3868

Actions (login required)

View Item View Item