ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA

SURYANINGSIH, SURYANINGSIH (2011) ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ednsor revisi 2.doc

Download (302kB)

Abstract

Adapun yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah (1) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang membangun keutuhan novel Edensor; (2) kepribadian tokoh dilihat dari hirarki kebutuhan Abraham Maslow (3) hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMA dalam hal ini adalah kemungkinannya sebagai bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik serta kepribadian tokoh yang terkandung dalam novel Edensor serta Hubungannya dengan Pembelajaran Sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi dengan pendekatan struktural dan pendekatan psikologis. Data yang digunakan sebagai dasar penelitian ini berupa kata-kata, kalimat, paragraf, maupun dialog atau percakapan yang menggambarkan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik serta kepribadian tokoh dalam novel Edensor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel ini (1) analisis struktural yang terdapat dalam novel berupa: tema adalah pencarian jati diri dan cinta; alur jika ditinjau dari hubungan bagian cerita ini, maka novel ini berplot flasback (maju-mundur); penokohan dalam novel ini menggunakan tokoh central dan perifheral; latar dalam novel ini adalah latar waktu, seperti: di pagi hari dan latar tempat, seperti: di sebuah masjid, di pasar tradisional, prancis, dan lain-lain; sudut pandang dalam novel ini, pengarang menggunakan teknik bercerita orang pertama yang berfungsi juga sebagai pelaku cerita; gaya bahasa yang digunakan adalah majas-majas yang meliputi: majas personifikasi, hiperbola,repetisi, dan paradoks; (2) analisis kepribadian dalam novel Edensor ditinjau dari hirarki kebutuhan Abraham Maslow seperti: kebutuhan fisiologis, rasa aman, cinta dan rasa memiliki, harga diri, aktualisasi, estetika, kognitif, dan lain-lain; (3) Analisis struktural dan kepribadian yang terdapat dalam novel ini telah sesuai dengan materi pembelajaran sastra di SMA: (a) Kompetensi Dasar Kelas X semester I yaitu : mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel. (b) Kompetensi Dasar Kelas XI dan XII semester I yaitu : menganalisis dan menjelaskan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan. Adapun tujuan kepribadian Abraham Maslow di sekolah antara lain: (a) Membantu siswa menemukan identitasnya (jati dirinya) sendiri; (b) Membantu siswa untuk mengeksplorasi pekerjaan; (c) Membantu siswa untuk memahami keterbatasan (nasib) dirinya; (d) Membantu siswa untuk memperoleh pemahaman tentang nilai-nilai; (e) Membantu siswa agar memahami bahwa hidup ini berharga; (f) Mendorong siswa agar mencapai pengalaman puncak dalam kehidupannya; (g) Memfasilitasi siswa agar dapat memuaskan kebutuhan dasarnya (rasa aman, rasa berharga, dan rasa diakui).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis kepribadian, Analisis struktural, Novel, dan Pembelajaran Sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 May 2018 02:46
Last Modified: 19 May 2018 02:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3956

Actions (login required)

View Item View Item