ANALISIS NILAI PENDIDIKAN NOVEL “LURUH KUNCUP SEBELUM BERBUNGA” KARYA MIRA W DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA

AZHARE, TONI (2011) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN NOVEL “LURUH KUNCUP SEBELUM BERBUNGA” KARYA MIRA W DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I, II,III,IV,V.doc

Download (207kB)

Abstract

Novel merupakan karya sastra yang mengungkapkan berbagai aspek kehidupan di dalam masyarakat, yang dibangun melalui unsur intrinsik dan ekstrinsik serta nilai pendidikan. Adapun yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah (1) nilai-nilai pendidikan, dan (2) hubungannya dengan pembelajaran apresiasi sastra di SMA, dalam hal ini adalah kemungkinannya sebagai bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga serta hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan pendekatan pragmatis. Data yang digunakan sebagai dasar dalam penelitian ini berupa kata-kata, kalimat, paragraf, maupun dialog atau percakapan yang berisikan nilai-nilai dalam novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai pendidikan yang terdapat dalam novel ini adalah nilai-nilai pendidikan ketuhanan atau agama, nilai-nilai pendidikan etika, nilai-nilai pendidikan moral, dan nilai-nilai pendidikan sosial atau kemasyarakatan, (a) wujud dari nilai pendidikan ketuhanan atau agama novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga berupa: berdo’a kepada Tuhan untuk memohon sesuatu, kepasrahan kepada Tuhan, keikhlasan dalam melakukan sesuatu dengan menerima takdir Yang Kuasa, tetap mengingat Tuhan sebagai bukti kebesaran Tuhan, dan bertaubat jika telah melakukan kesalahan besar, (b) wujud nilai pendidikan etika atau kesusilaan yaitu: menghormati orang tua, tidak bergantung pada orang lain, tidak mengingkari janji, menjaga kerapian dan kebersihan, rela berkorban. (c) wujud nilai pendidikan moral: tidak bersikap sombong, pemaaf, berkata-kata yang baik dan sopan, jujur, tidak memberikan kesaksian palsu, memelihara amanat dan janji. (d) wujud nilai pendidikan sosial dalam novel ini dapat berwujud: tolong menolong, kepedulian, cinta kasih, kesepakatan, kesetiaan, dan memaafkan kesalahan orang lain. (2) analisis nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel ini telah sesuai dengan materi pembelajaran sastra di SMA: (a) Kompetensi Dasar Kelas XI semester I yaitu: menganalisis unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan indikator dalam kompetensi dasar ini adalah menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan instrinsik (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonesia. (b) Kompetensi Dasar Kelas X semester I yaitu: mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi. Materi pembelajaran pada kompetensi ini adalah naskah cerita pendek yang mengandung nilai-nilai budaya, nilai moral, nilai agama, dan nilai politik. Dengan mencermati dan mempelajari nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalam novel ini sehingga mampu mempengaruhi perkembangan peserta didik menjadi masyarakat yang berakhlak mulia atau berbudi luhur. Nilai-nilai pendidikan itu jika digali dan diajarkan dapat membentuk watak siswa yang berbudi pekerti luhur dan dapat menempa jiwa mereka menjadi pribadi-pribadi yang tangguh.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Novel, apresiasi sastra, nilai-nilai pendidikan, dan pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 May 2018 02:45
Last Modified: 19 May 2018 02:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3964

Actions (login required)

View Item View Item