THE USE OF PQ4R METHOD IN TEACHING READING RECOUNT TEXT: An Experimental Study at First Grade of SMA NEGERI 2 JONGGAT in Academic Year 2014/2015

MASNUN, MASNUN (2016) THE USE OF PQ4R METHOD IN TEACHING READING RECOUNT TEXT: An Experimental Study at First Grade of SMA NEGERI 2 JONGGAT in Academic Year 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

Studi ini ada penelitian experimental yang bertujuan untuk mengukur efektifitas dari pengajaran reading yang menggunakan metode PQ4R. Populasi dari pebneitian ini adalah siswa kelas 1 SMAN 2 Jonggat pada tahun akademik 2014/2015. Pengambilan sample dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 yang digunakan sebagai kelompok eksperimen dan X IPA 2 yang digunakan sebagai kelompok kontrol. Peneliti menerapkan test dalam bentuk pre- tes dan pos- test untuk mengambil data kemampuan siswa. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai kelompok eksperimental lebih tinggi dari kelompok kontrol. Hal ini ditunjukkan dari perbandingan hasil t- test dengan hasil dari nilai t- table. Skor dari t- test adalah 2.893 yang menunjukan bahwa nilai tersebut lebih tinggi dari nilai t- table pada tingkat signifikan 0.05 (95%) yaitu 2.571. dari hasil tersebut membuktikan bahwa Hipotesa H0 di tolak dan Ha berhasil diterima. Ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah 11.4 dengan Sd= 5600 dan nilai Mean pada kontrol group adalah 2 dengan Sd 500 hasil ini menjawab pertanyaan penelitian ini bahwa penggunaan metode PQ4R effektif dalam pengajaran membaca. This is an experimental study aiming to obtain the effectiveness of teaching reading skill using PQ4R Method. The population of this study is the first grade students of SMAN 2 Jonggat in academic year 2014/2015. The samples of this study are X IPA1 class as experimental group and X IPA2 class as control group. The writer applies test (pre-test and post-test) to obtain the data. The finding of the research indicates that the score of experimental group is better than score of control group. It is shown in accumulation data of t-test compared with the t-table. The score of t-test was 2,893 and higher than the value of t-table at confidence level of 0.05 (95%) which was 2.571. It means that H0 was rejected and Ha was accepted. The mean score of experimental group was 11.4 with the square deviation is 5600 and the mean score of control group was 2 with the square deviation is 500. This result has answered that the use of PQ4R method in teaching reading recount text is effective.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): penelitian eksperimen, efektivitas, kemampuan membaca, Metode PQ4R, Teks Cerita. Experimental research, Effectiveness, Reading Skill, PQ4R, Recount Text
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 19 May 2018 02:46
Last Modified: 19 May 2018 02:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3967

Actions (login required)

View Item View Item