MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA PERSUASI DENGAN PENDEKATAN PEMODELAN PADA SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 8 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010 − 2011

MULIANI, MULIANI (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA PERSUASI DENGAN PENDEKATAN PEMODELAN PADA SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 8 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010 − 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
AnieQ skripsi.doc

Download (555kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan menulis wacana persuasi dengan menggunakan pendekatan pemodelan melalui media iklan pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 8 Mataram Kecamatan Selaparang tahun pembelajaran 2010–2011. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil deskripsi objektif tentang pembelajaran dengan pendekatan pemodelan pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 8 Mataram tahun pembelajaran 2010–2011 untuk meningkatkan kemampuan menulis wacana persuasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaannya terdiri atas dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan metode kualitatif. Metode kuantitatif yang diperoleh dengan menggunakan rumus pada setiap siklus. Sedangkan metode kualitatif diperoleh dari hasil observasi atau pengamatan, jurnal, dan wawancara. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis wacana persuasi menggunakan pendekatan pemodelan pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 8 Mataram Kecamatan Selaparang tahun pembelajaran 2010–2011 mengalami peningkatan, baik dari segi proses maupun dari segi hasil menulis wacana persuasi. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal. Pada siklus I nilai rata-rata proses pembelajaran 59,3 meningkat menjadi 77,75 pada siklus II dengan ketuntasan belajar 35% pada siklus I dan 92,5% pada siklus II. Dengan demikian, peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 57,5.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pemodelan melalui media iklan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 May 2018 04:16
Last Modified: 19 May 2018 04:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3996

Actions (login required)

View Item View Item