MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING BERDASARKAN ILUSTRASI TOKOH IDOLA PADA SISWA KELAS VIII 3 DI SMP NEGERI 4 PRAYA

FITRIANA, FITRIANA (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING BERDASARKAN ILUSTRASI TOKOH IDOLA PADA SISWA KELAS VIII 3 DI SMP NEGERI 4 PRAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsiku baru.rtf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Teknik Latihan Terbimbing Berdasarkan Ilustrasi Tokoh Idola Pada Siswa Kelas VIII 3 Di SMP Negeri 4 Praya. Dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menulis cerpen siswa kelas VIII 3 SMPN 4 Praya. Permasalahan yang diangkat oleh peneliti adalah: Bagaimanakah meningkatkan kemampuam menulis cerpen dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola pada siswa kelas VIII 3 di SMPN 4 Praya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuam menulis cerpen siswa kelas VIII.3 SMPN 4 Praya setelah mengikuti pembelajaran teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola. Manfaat penelitian tersebut salah satunya adalah pengembangan teori pendidikan khususnya yang menyangkut kemampuan menulis cerpen siswa kelas VIII 3 SMPN 4 Praya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaannya terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik latihan terbimbing yaitu teknik tes, observasi dan dokumentasi sedangkan untuk menganalisis data menggunakan rumus ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola pada siswa kelas VIII.3 SMPN 4 Praya mengalami peningkatan belajar siswa semula sebanyak 17 orang yang belum tuntas, nilai rata-rata siklus I sebanyak 60,67 meningkat pada siklus II menjadi 76,03 dengan demikian ketuntasan belajar diperoleh sebanyak 45,16% pada siklus I naik menjadi 96,77% pada siklus II

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cerpen dengan Teknik Latihan Terbimbing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 May 2018 04:16
Last Modified: 19 May 2018 04:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3999

Actions (login required)

View Item View Item