UPAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN METODE KOMBINASI ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII B SMPN 21 MATARAM

SUTIARNI, NILA (2011) UPAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN METODE KOMBINASI ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII B SMPN 21 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-V.docx

Download (181kB)

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah meningkatkan proses dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII B SMP Negeri 21 Mataram pada mata pelajaran PKn melalui penggunaan metode Kombinasi antara Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Make A Match. Adapun sebagai objek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B SMP Negeri 21 Mataram yang berjumlah 24 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau sering disingkat PTK (Classroom Action Research) dalam bentuk siklus yang melibatkan kolaborasi antara guru dengan peneliti. Pengumpulan data terhadap hasil tindakan menggunakan teknik observasi berupa daftar tilik (cheklist) yang disusun oleh peneliti. Informasi yang bersifat kualitatif, diolah dan dianalisis secara kualitatif melalui tiga tahapan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Sedangkan data yang bersifat kuantitatif dianalisis dengan menggunakan paparan sederhana dalam bentuk presentase. Dari hasil analisis data proses dan hasil belajar kognitif siswa serta kegiatan guru diperoleh hasil bahwa pada siklus I pelaksanaan pembelajaran metode kombinasi antara pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achevement Division (STAD) dan Make A Match ketercapaiannya hanya 64,7% (aktivitas guru), proses belajar siswa mencapai 56,2%, dan hasil belajar siswa mencapai 62,50%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,2% (aktivitas guru), proses belajar siswa mencapai 79,1% dan hasil belajar siswa mencapai 83,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kombinasi antara Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Make A Match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII B SMP Negeri 21 Mataram dalam pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan Make A Match, pembelajaran PKn, aktivitas, disiplin, hasil belajar kognitif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 May 2018 03:55
Last Modified: 21 May 2018 03:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4009

Actions (login required)

View Item View Item