PENERAPAN METODE OBSERVASI ALAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI PADA SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 2 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2011-2012

NUYANTINI, DEWI RAHAYU (2011) PENERAPAN METODE OBSERVASI ALAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI PADA SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 2 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2011-2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DEWI RAHAYU NUYANTINI
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Narmada dalam menulis paragraf narasi. Dengan demikian, rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode observasi alam untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf narasi pada siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Narmada Tahun Pembelajaran 2011-2012?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf narasi siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Narmada Tahun Pelajaran 2011-2012 dengan menggunakan metode observasi alam. Permasalahan utama yang perlu dicarikan pemecahannya dalam penelitian ini adalah adanya metode yang dapat meningkatkan keterampilan siswa, khususnya siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Narmada dalam menulis paragraf narasi. Metode yang dimaksud adalah metode observasi alam. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Dalam setiap siklus terdapat empat tahapan yang dilakukan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pembelajaran menulis paragraf narasi dengan metode observasi alam terlaksana secara optimal melatih siswa untuk menceritakan sesuatu yang mereka lihat ke dalam bentuk tulisan paragraf. Hal ini dapat diketahui dari adanya peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus pertama, semula 62,4 meningkat menjadi 83,7 pada siklus kedua, dan peningkatan persentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 21,4% pada siklus pertama kemudian meningkat menjadi 89,2% pada siklus kedua. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan jurnal pada siklus pertama dan kedua, penggunaan metode observasi alam dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa. Siswa yang belum mengenal sama sekali tentang paragraf narasi menjadi paham tentang paragraf narasi setelah metode observasi alam diterapkan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): metode, observasi alam, keterampilan, paragraf narasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 May 2018 04:25
Last Modified: 21 May 2018 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4042

Actions (login required)

View Item View Item