PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VIII MTS AL-AZIZIAH PUTRI KAPEK GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016

RAMDANI, NUR (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VIII MTS AL-AZIZIAH PUTRI KAPEK GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_NUR RAMDANI_E1A009029.pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Examples non Examples Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata pelajaran Biologi Kelas VIII MTs Al-Aziziah Putri Kapek Gunungsari Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dan bersifat eksperimen semu. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Aziziyah Putri tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 164 siswa dan terdiri dari 6 kelas dimana masing-masing kelas terdiri dari 25-32 siswa. sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VIII2 sebagai kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Examples non Examples dan VIII1 sebagai kelas yang diajar menggunakan metode ceramah. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah proposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes kemampuan berpikir kritis siswa dan lembar observasi. Data dalam penelitian ini terdistribusi normal dan varian data bersifat homogen. Uji hipotesis dianalisis dengan uji-t pooled dengan taraf signifikan 5%. Analisis data menunjukkan thitung (9.35) > ttabel (1.99), yang berarti terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan hasil penelitian ini ialah model 3 pembelajaran Examples non Examples berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di MTs Al-Aziziah Putri Kapek Gunungsari Tahun Ajaran 2015/2016”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Examples Non Examples, Berpikir Kritis
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 21 May 2018 04:24
Last Modified: 21 May 2018 04:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4044

Actions (login required)

View Item View Item