PENGGUNAAN MEDIA LAGU-LAGU PERJUANGAN BANGSA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR-UNSUR INTRINSIK PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 16 MATARAM

ANDRIAWAN, ANDRIAWAN (2011) PENGGUNAAN MEDIA LAGU-LAGU PERJUANGAN BANGSA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR-UNSUR INTRINSIK PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 16 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
proposal penelitian 1.rtf

Download (924kB)
[img] Text
BAB IV dan Bab v.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Penggunaan Media Lagu-Lagu Perjuangan Bangsa Indonesia dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Unsur-Unsur Intrinsik Puisi pada Siswa Kelas VIII SMPN 16 Mataram” bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media lagu-lagu perjuangan bangsa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan memahami unsur-unsur intrinsik puisi pada siswa kelas VIII A SMPN 16 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diterapkan dengan menggunakan metode observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahapan secara ulang (sebagai siklus), mulai dari (1) tahap perencanaan tindakan, (2) tahap pelaksaaan tindakan, (3) tahap observasi dan evaluasi, (4) refleksi kegiatan. Sesuai dengan judulnya, tindakan yang dipergunakan dalam proses penelitian ini adalah dengan memanfaatkan media lagu-lagu perjuangan bangsa Indonesia dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami unsur-unsur intrinsik puisi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil penilaian yang signifikan dari siklus ke siklus, baik terhadap aktivitas guru, siswa, maupun dari segi hasil pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran siklus I, persentase skor perolehan untuk aktivitas guru adalah 90,16%, meningkat 9,16 % menjadi 100% pada siklus II. Untuk hasil observasi kegiatan siswa pada saat kegiatan pembelajaran siklus I berlangsung, persentase skor perolehannya adalah 86%, meningkat 5,3% menjadi 91,3% pada siklus II. Selanjutnya dari segi hasil pembelajaran, peningkatan dapat dilihat dari nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa mulai dari tahap pre-test sampai pelaksanan siklus II. Nilai rata-rata siswa pada pelaksanaan pre-test adalah 43,2, dengan ketuntasan belajar klasikal hanya 20%. Kemudian pada pelaksanaan pembelajaran siklus I atau setelah penggunaan media lagu-lagu perjuangan bangsa Indonesia, mengalami peningkatan yang signifikan yakni nilai rata-rata siswa menjadi 71 dengan ketuntasan belajar klasikal 70%. Selanjutnya pada pelaksanaan pembelajaran siklus II kembali meningkat menjadi 80,3 dengan ketuntasan belajar klasikal 90%. Dengan demikian, penelitian menggunakan media lagu-lagu perjuangan bangsa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan memahami unsur-unsur intrinsik puisi pada siswa kelas VIII A SMPN 16 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penggunaan Media Lagu-Lagu Perjuangan Bangsa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 May 2018 03:51
Last Modified: 22 May 2018 03:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4051

Actions (login required)

View Item View Item