PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTIONBERBANTUAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERAPAN SISWA KELAS X SMKN 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016

PURYADI, PURYADI (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTIONBERBANTUAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERAPAN SISWA KELAS X SMKN 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Puryadi (E1Q012042).pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran langsung (Direct Instruction) berbantuan bahan ajar berbasis kontekstual terhadap hasil belajar IPA Terapan siswa SMKN 4 Mataram tahun ajaran 2015/2016 pada materi Suhu dan Kalor. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 4 Mataram tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 334 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan siswa kelas X Tata Boga 2 yang terdiri dari 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X Tata Boga 3 yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas kontrol. Bahan ajar yang digunakan berbasis kontekstual yang sesuai dengan konteks kehidupan siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi untuk penilaian apektif dan psikomotor, tes soal pilihan ganda yang mengacu pada kemampuan koognitif siswa (C1,C2,C3,C4,C5,C6) sebanyak 25 butir soal dengan memperhatikan validitas, realibilitas, daya beda dan taraf kesukaran soal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol masing-masing sebesar 61,38 dan 49,07, kedua kelas terdistribusi normal dan homogen. Data hasil belajar dianalisi menggunakan uji-t dua pihak dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung sebesar 2,89 danttabelsebesar 2,00pada db=57. Sesuai kriteria uji hipotesis, jika thitung>ttabel,maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Direct Instruction berbantuan bahan ajar berbasis kontekstual terhadap hasil belajar IPA terapan siswa SMKN 4 Mataram tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran direct instruction, bahan ajar berbasis kontekstual, hasil belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 22 May 2018 06:03
Last Modified: 22 May 2018 06:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4097

Actions (login required)

View Item View Item