ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM LAPORAN PRAKTIKUM MAHASISWA S.1 JURUSAN PMIPA FKIP UNIVERSITAS MATARAM DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA/MA

HIDAYAT, EDY (2017) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM LAPORAN PRAKTIKUM MAHASISWA S.1 JURUSAN PMIPA FKIP UNIVERSITAS MATARAM DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA/MA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
4. Jurnal.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian tentang kesalahan berbahasa yang terdapat dalam laporan praktikum mahasiswa S.1 Jurusan PMIPA FKIP Universitas Mataram dan kaitannya dengan pembelajaran bahasan Indonesia di SMA/MA. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) bagaimanakah bentuk kesalahan ejaan, kesalahan pemilihan kata, kesalahan penulisan frasa, dan kesalahan penulisan kalimat dalam laporan praktikum mahasiswa S.1 Jurusan PMIPA FKIP Universitas Mataram dan (2) kaitannya dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA/MA. Tujuan penelitian ini sesuai rumusan masalah dirinci sebagai berikut: (1) mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa yang meliputi kesalahan ejaan, kesalahan pemilihan kata, kesalahan penulisan frasa, dan kesalahan penulisan kalimat, serta (2) mendeskripsikan kaitan hasil penelitian dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA/MA. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Oleh karena itu, pendekatan yang digunakan dalam analisis ini adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan metode dokumentasi, metode observasi (simak), dan metode catat. Kaitannya dengan analisis data, digunakan metode padan, sedangkan teknik yang digunakan adalah teknik hubung banding menyamakan dan hubung banding membedakan, teknik ganti (substitusi), dan teknik lesap. Adapun penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode formal dan informal. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) bentuk kesalahan penggunaan ejaan seperti kesalahan penggunaan huruf kapital, kesalahan penggunaan kata depan di, ke dan dari, kesalahan penulisan partikel -pun dan - lah, kesalahan penggunaan tanda baca, dan kesalahan penulisan unsur serapan. (2) Kesalahan pemilihan kata dan pembentukan kata. (3) Kesalahan penulisan frasa yang berupa penggunaan frasa yang tidak tepat seperti frasa disebabkan karena. (4) Kesalahan penulisan kalimat yaitu: kalimat tidak memiliki subjek dan penggunaan konjungsi yang berlebihan. (5) Hasil penelitian berkaitan erat dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA/MA. Hal itu dapat dilihat dari cakupan SKKD yang merujuk pada kecermatan siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): analisis kesalahan berbahasa, laporan praktikum, pembelajaran bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 22 May 2018 04:51
Last Modified: 22 May 2018 04:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4116

Actions (login required)

View Item View Item