PENGARUH METODE KARYAWISATA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KREATIVA GEBANG MATARAM TAHUN 2016

HARPIANI, TITIN (2016) PENGARUH METODE KARYAWISATA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KREATIVA GEBANG MATARAM TAHUN 2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL TITIN.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Perkembangan sosial merupakan suatu proses dimana seorang individu melatih kepekaan dirinya terhadap rangsangan-rangsangan sosial terutama tekanan-tekanan dan tuntutan kehidupan serta belajar bergaul dengan bertingkah laku, seperti orang lain didalam lingkungan sosialnya. Peran metode karyawisata dalam proses belajar mengajar bertujuan untuk meningkatkan perkembangan sosial anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen rancangan pretest-postest. Intrument pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dengan validitas isi 36 deskriptor dan reliabilitasnya 0,439. Dengan hasil tersebut dapat dinyatakan 33 item telah valid. Data yang diperoleh telah diuji normalitasnya sehingga memenuhi syarat penggunaan t-test sebagai analisis uji hipotesis. Uji t-test tersebut ternyata hasi t hitung lebih besar dari t tabel (13,30 > 2,008) dengan taraf kesalahan yang digunakan sebesar 5% (0,05) yang berarti Ho ditolak. Disimpulkan ada pengaruh metode karyawisata terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 Tahun di TK Kreativa Gebang Mataram tahun pelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): perkembangan sosial, karyawisata
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 22 May 2018 04:49
Last Modified: 22 May 2018 04:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4120

Actions (login required)

View Item View Item