PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK (CERPEN) DENGAN METODE PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAPPING) SISWA KELAS X^2 SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 EMPANG TAHUN PEMBELAJARAN 2011

HADI, ABDUL (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK (CERPEN) DENGAN METODE PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAPPING) SISWA KELAS X^2 SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 EMPANG TAHUN PEMBELAJARAN 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)

Abstract

Masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah permasalahan menulis cerita pendek siswa masih sangat rendah. Ini disebabkan oleh guru tidak menemukan metode yang sesuai untuk mengajar siswa dalam menulis cerita pendek, sedangkan siswa tidak tertarik dengan dunia tulis-menulis karena acap kali mereka dihadapkan dengan teori tanpa di barengi dengan praktik-praktik sehingga siswa beranggapan bahwa menulis merupakan suatu kegiatan yang membosankan. Dengan metode ini diharapkan membantu permasalahan yang ada sehingga siswa merasa termotivasi untuk menulis. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran menulis cerita pendek dengan penerapan metode peta pikiran (mind mapping) sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi, (3) evaluasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis data model air. Permasalahan dalam pembelajaran menulis cerita pendek berangsur-angsur dapat diatasi dengan penerapan metode peta pikiran (Mind Mapping). Keterampilan siswa dalam menulis cerpen meningkat. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan tiap siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 55,57 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 42,85 % dan siswa tuntas (mencapai KKM) sebanyak 15 siswa. Sedangkan pada siklus II nilai rata- rata siswa menjadi 77,86, dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 91,42% dan siswa tuntas (mencapai KKM) sebanyak 33 orang. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan metode peta pikiran untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek. (2) Penerapan metode pemetaan pikiran (Mind Mapping) dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Empang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan, kemampuan menulis, dan peta pikiran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 May 2018 03:06
Last Modified: 23 May 2018 03:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4155

Actions (login required)

View Item View Item