PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DONGENG DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VII-C MTs. DARUL QURAN BENGKEL TAHUN PELAJARAN 2011

NURAUMI, SRI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DONGENG DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VII-C MTs. DARUL QURAN BENGKEL TAHUN PELAJARAN 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam aspek menulis, sehingga masalah yang dipecahakan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan menulis dongeng pada siswa kelas VII-C MTs. Darul Quran Bengkel. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Hasil analisis data menunjukan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan dengan penerapan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan menulis dongeng siswa kelas VII-C MTs. Darul Quran Bengkel. Peningkatan tersebut dapat diketahui dengan hasil observasi aktivitas guru siklus I dengan nilai yang dicapai 95%, dan pada siklus II sebesar 97,5%, meningkat sebesar 2,5%. Sedangkan pada aktivitas siswa siklus I nilai presentase yang di capai sebesar 70%, dan pada siklus II sebesar 95% meningkat sebesar 25%. Adapun hasil tes kemampuan menulis dongeng siswa pada siklus I nilai rata-rata yang dicapai sebesar 60,4 dan pada siklus II sebesar 95,4 meningkat sebesar 35. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal siklus I nilai yang dicapai sebesar 57,1%, dan pada tindakan siklus II nilai yang dicapai sebesar 91,4% meningkat sebesar 34,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Menulis, Dongeng, Metode Latihan Terbimbing.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 May 2018 03:05
Last Modified: 23 May 2018 03:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4161

Actions (login required)

View Item View Item