PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTATIF DENGAN MEDIA RANDOM PICTURE SISWA KELAS X MA NURUL HAKIM KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2010-2011

HIDAYATULLAH, M. (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTATIF DENGAN MEDIA RANDOM PICTURE SISWA KELAS X MA NURUL HAKIM KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi BAB 12345.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil pemanfaatan media random picture dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentatif siswa kelas XB MA Nurul Hakim Kediri tahun pelajaran 2010-2011. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pemanfaatan media random picture dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentatif siswa kelas XB MA Nurul Hakim Kediri tahun pelajaran 2010-2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaannya terdiri atas 2 siklus dan tiap siklusnya terdiri atas 2 pertemuan. Pengumpulan data dengan observasi yang dilakukan oleh peneliti dan guru (observer) selama pembelajaran berlangsung serta dengan memberikan lembar kerja siswa, sedangkan data dianalisis dengan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan random picture dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentatif siswa kelas XB MA Nurul Hakim Kediri tahun pelajaran 2010-2011, baik dari segi proses maupun hasil. Pada proses secara keseluruhan terjadi peningkatan sebanyak 50 % yaitu rata-rata 71,13 atau 38,23 % secara klasikal pada siklus I, kemudian meningkat kembali menjadi rata-rata 86,94 atau 88,23 % secara klasikal pada siklus II. Sedangkan pada hasil kemampuan menulis paragraf argumentatif terjadi peningkatan sebanyak 32,35 %, yaitu rata-rata 72,61 atau 52,94 % secara klasikal pada siklus I, kemudian meningkat menjadi rata-rata 79,22 atau 85,29 % secara klasikal pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kemampuan menulis, paragraf argumentatif, random picture
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 May 2018 04:32
Last Modified: 23 May 2018 04:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4202

Actions (login required)

View Item View Item