PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT KELAS VII.3 SMP NEGERI 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

LAELY, NURUL (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT KELAS VII.3 SMP NEGERI 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL NURUL LAELY.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan, aktivitas belajar siswa termasuk dalam kategori kurang aktif dan dalam kegiatan pembelajaran siswa masih tergantung pada penjelasan guru artinya siswa hanya menerima apa yang disampaikan guru. Untuk itu diperlukan metode atau model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif baik fisik maupun mental yaitu dengan mengoptimalkan metode diskusi dengan langkah – langkah tertentu termasuk mengkombinasikan dengan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Lingsar melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi persegi panjang dan persegi tahun pelajaran 2014/2015. Dari masalah di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok segi empat sub bab materi persegi panjang dan persegi dapat meningkatkan aktivitas dn prestasi belajar siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Lingsar tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Dari hasil penelitian model pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan meliputi lima fase kegiatan yaitu fase orientasi siswa pada masalah, fase mengorganisasi siswa untuk penyelidikan, fase penyelidikan, fase mengembangkan dan menyajikan hasil dan fase menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil penelitian siklus I, II, dan III memperlihatkan bahwa rata – rata skor aktivitas siswa berturut – turut adalah 7,81; 10,64 dan 12.9 dengan kategori cukup aktif, aktif dan aktif. Rata – rata prestasi sisiwa pada siklus I adalah 76,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80,9 %, siklus II sebesar 77,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85,5% dan siklus III sebesar 83,8 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90,4%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi persegi panjang dan persegi dapat menigkatkan aktivitas dan prestasi siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Lingsar tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Belajar, aktivitas, prestasi, pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 May 2018 04:54
Last Modified: 24 May 2018 04:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4214

Actions (login required)

View Item View Item