PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII K SMP NEGERI 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015

SATRIYANTARA, RIO (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII K SMP NEGERI 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1,2,3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
BAB 4,5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img]
Preview
Text
Halaman Judul, Persetujuan, Pengesahan, Tabel, Lampiran, Daftar Isi, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Observasi Aktivitas Guru dan Siswa.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas siswa yang rendah dan mengakibatkan hasil belajar yang turut rendah. Metode pembelajaran yang diterapkan, khususnya pada materi bangun ruang sisi datar, belum efisien dan efektif pada kegiatan belajar mengajar (KBM). Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII K SMP Negeri 1 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw adalah model pembelajaran yang membuat siswa aktif di dalam kelas karena di dalam langkah-langkahnya mengharuskan siswa untuk berpindah dari kelompok yang satu ke kelompok yang lain. Tahap membaca dan tahap laporan tim dalam model ini membuat siswa memiliki rasa tanggung jawab terhadap materinya karena siswa tersebut nantinya harus mampu mengajarkannya kepada kelompoknya yang berdampak pada penanaman konsep yang lebih mendalam pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII K SMP Negeri 1 Mataram sebanyak 44 siswa. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila terjadi peningkatan aktivitas siswa dan minimal berkategori aktif dan hasil belajar dengan rata-rata tes evaluasi siswa setiap siklusnya ≥ 75 dengan ketuntasan klasikal ≥ 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 12,5 yang berkategori aktif, siklus 2 dengan skor 18 berkategori sangat aktif, dan siklus 3 dengan skor 19 berkategori sangat aktif. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 79,85 dengan ketuntasan klasikal 71,59%, siklus 2 sebesar 87,66 dengan ketuntasan klasikal 87,50%, dan siklus 3 sebesar 91,28 dengan ketuntasan klasikal 94,32%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, indikator keberhasilan penelitian ini terpenuhi sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar di kelas VIII K SMP Negeri 1 Mataram tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 May 2018 04:46
Last Modified: 24 May 2018 04:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4216

Actions (login required)

View Item View Item