“PELAKSANAAN TANGGUNG GUGAT PENGELOLA BANDARA TERHADAP KERUGIAN YANG DIDERITA PENUMPANG (Studi di Bandara Internasional Lombok (BIL))”

HARI MULYO U, RACHMAD (2015) “PELAKSANAAN TANGGUNG GUGAT PENGELOLA BANDARA TERHADAP KERUGIAN YANG DIDERITA PENUMPANG (Studi di Bandara Internasional Lombok (BIL))”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)

Abstract

pengelola bandar udara harus bertanggung gugat sesuai dengan peraturan yang berlaku mengenai bagaimana bentuk dari ganti rugi yang akan di berikan oleh pengelola bandar udara terhadap konsumen atau penumpang yang mengalami kerugian.Pihak pengelola mempunyai tanggung jawab serta kewajiban untuk mengganti kerugian yang dialami oleh pengguna jasanya sebagai dampak dari kesalahan pihak pengelola. Pada saat ini masyarakat sangat menuntut pelayanan yang baik yang bisa diberikan oleh Negara atau dalam hal ini pemerintah. Demikian pula dengan masyarakat pengguna jasa Bandar Udara selalu mengharapkan ketersediaan dan keandalan pelayanan jasa Bandar Udara baik dari segi keselamatan, keamanan dan kenyamanan. Menurut Pasal 240 ayat 1 Undang-Undang No 1 tahun 2009 tentang Penerbangan atau Undang-Undang Penerbangan, badan usaha bandar udara bertanggung jawab terhadap kerugian yang diderita oleh pengguna jasa bandar udara dan atau pihak ketiga yang diakibatkan oleh pengoperasian bandar udara.Berdasarkan ketentuan tersebut maka penumpang sebenarnya dapat meminta tanggung jawab terhadap pengelola bandar udara apabila terjadi kerugian yang disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian yang disebabkan oleh pengelola bandar udara. Akan tetapi, hingga saat ini belum terlihat adanya gugatan yang dilayangkan kepada pengelola bandar udara. Berdasarkan latar belakang sebagaimana yang telah dipaparkan di atas maka terdapat dua permasalahan pokok yang akan dibahas yaitu bagaimana pelaksanaan tanggung gugat pengelola bandar udara terhadap kerugian yang diderita oleh penumpang dan apa saja hak-hak yang didapat oleh penumpang terhadap kerugian yang dideritanya danbagaimana cara pengelolaan PT Angkasa Pura I terhadap bandar udara internasional Lombok. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif dengan menggunakan data lapangan sebagai pendukung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tanggung Gugat, Kerugian Penumpang, Bandar Udara.
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 24 May 2018 03:58
Last Modified: 24 May 2018 03:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4238

Actions (login required)

View Item View Item