PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (PEMODELAN) PADA SISWA KELAS VIII-7 SMP NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2011

HARIANY, MILLA (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (PEMODELAN) PADA SISWA KELAS VIII-7 SMP NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA 03.doc
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Pendekatan Kontektual (Pemodelan) Pada Siswa Kelas VIII-7 SMP Negeri 3 Mataram”. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Mataram tahun pembelajaran 2011. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa siswa kelas VIII/7 berjumlah 35 orang, 17 perempuan dan 18 laki-laki.. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Penelitian ini menggunakan dua metode pengumpulan data, yaitu metode tes, observasi dan wawancara. Metode tes digunakan untuk mengetahui perhitungan dari setiap siklus kemudian dibandingkan antara hasil siklus I dengan hasil siklus II. Metode analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif dipakai untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menulis teks berita pada siklus I dan II. Hasil penelitian ini adalah pendekatan kontekstual (pemodelan) dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita dan adanya perubahan tingkah laku siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil rata-rata tes siklus I yang mencapai 60,00 % dengan jumlah siswa yang tuntas 16 siswa dan hasil siklus II sebesar 80,42 % dengan jumlah siswa yang tuntas 29 siswa. Adanya peningkatan dengan presentase sebesar 15,44%. Hasil observasi dalam pembelajaran menulis teks berita dengan pendekatan kontekstual (pemodelan) yaitu siswa merasa senang, lebih bersemangat, aktif, dan lebih mandiri dalam mengerjakan tugasnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya menggunakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (pemodelan) dalam menulis teks berita. Kemudian, siswa supaya mengikuti pembelajaran dengan baik dan berlatih menulis khususnya teks berita. Saran yang ditujukan kepada peneliti lain adalah agar melaksanakan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan aspek yang lain, untuk khasanah ilmu bahasa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Menulis Teks Berita, Pendekatan Kontekstual, Pemodelan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 May 2018 04:35
Last Modified: 24 May 2018 04:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4242

Actions (login required)

View Item View Item