PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI DENGAN STRATEGI PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X-2 SMA NEGERI 1 BATULAYAR TAHUN AJARAN 2010-2011

YULIANTI, NI NENGAH (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI DENGAN STRATEGI PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X-2 SMA NEGERI 1 BATULAYAR TAHUN AJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WACANA ARGUMENTASI (2).docx
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)

Abstract

Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas pembelajaran menulis wacana argumentasi dengan startegi peta konsep pada siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Batulayar dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis wacana argumentasi dengan strategi peta konsep pada siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Batulayar. Berdasarkan masalah di atas tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya guru meningkatkan aktivitas pembelajaran menulis wacana argumentatif dengan penerapan strategi pembelajaran dengan strategi peta konsep pada siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Batulayar dan mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan menulis wacana argumentatif siswa dengan penerapan model pembelajaran yang menggunakan strategi peta konsep pada kelas X.2 SMA Negeri 1 Batulayar. Teknik pengumpulan data melalui metode dokumentasi, metode observasi dan metode pemberian tes. Data yang diperoleh melalui metode observasi dianalisis dengan melihat ketercapaian indikator tindakan yang disyaratkan, baik dari aspek guru maupun siswa. Sedangkan data produk atau hasil menulis siswa yang diperoleh melalui metode tes, dianalisis menggunakan format penelitian metode tes. Hasil akhir siswa diberikan skor sesuai dengan pencapaian indikator pada setiap aspek yang dinilai. Peningkatan hasil pembelajaran pada setiap aspek penilaian. Pada siklus I, aspek ide pokok sebesar 51,25% meningkat menjadi 62,5% pada siklus II, aspek kesesuaian dengan karakteristik wacana argumentasi sebesar 76,66% meningkat menjadi 80% pada siklus II, aspek koherensi sebesar 58,33 meningkat menjadi 61,25% pada siklus II, aspek penggunaan kata baku sebesar 50% meningkat menjadi 70% pada siklus II, aspek penggunaan EYD sebesar 63,33% meningkat menjadi 75% pada siklus II,dan aspek pilihan kata/diksi sebesar 60% meningkat menjadi 66,66% pada siklus II. Secara keseluruhan, persentase peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 25% yaitu 49,16 pada siklus I meningkat menjadi 85% yaitu 60,41 pada siklus II. Peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 25% pada siklus I yang meningkat menjadi 85% pada siklus II berarti telah mencapai indikator keberhasilan. Hasil observasi akttivitas siswa pada siklus I dengan jumlah skor kriteria yang dicapai oleh siswa adalah 52 atau 81,25% dan pada siklus II meningkat menjadi 37 atau 92,5%. Sedangkan hasil aktivitas guru pada siklus I dengan jumlah skor kriteria yang dicapai oleh guru adalah 31 atau 86% dan pada siklus II meningkat menjadi 31 atau 93,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa salah satu cara untuk peningkatan kemampuan menulis wacana argumentasi pada siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Batulayar adalah dengan menggunakan strategi peta konsep.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peningkatan kemampuan menulis, wacana argumentasi, strategi peta konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 May 2018 04:54
Last Modified: 24 May 2018 04:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4244

Actions (login required)

View Item View Item