PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT BAKU DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA BUNGKUS PERMEN KIS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2010/2011

ZULKIFLI, ZULKIFLI (2011) PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT BAKU DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA BUNGKUS PERMEN KIS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I jule.doc
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
BAB II jule.doc
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
BAB III jule.doc
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
BAB IV jule.doc
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB V jule.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)

Abstract

Pembelajaran menulis khususnya menulis kalimat baku dengan pemanfaatan media bungkus permen kis sering menemui hambatan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain (1) kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran menulis, (2) alokasi waktu pembelajaran sangat kurang dan tidak efektif, (3) Guru lebih menekankan pada teori sedang prakteknya kurang, (4) pengaruh bahasa ibu siswa yang berdampak pada kualitas pembelajaran, (5) dan yang lebih utama ialah faktor guru yang tidak menguasai dan kurang terampil mengajarkan keterampilan menulis. Menurut Freire dalam Suyatno (2004) menyatakan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa secara lisan dan tertulis. Dalam penelitian ini ada beberapa tujuan, yaitu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis kalimat baku dengan memanfaatkan bungkus permen kis sebagai dasar pengembangan pikiran atau gagasan dan meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis kalimat baku dengan menggunakan media bungkus permen kis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMPN 1 Gunungsari pada siswa kelas VIII. Pelaksanaan tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri atas empat tahap, dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, tahap analisis data, dan refleksi. Analisis data penelitian ini bersifat kualitatif, diambil dengan menggunakan teknik distribusi frekuensi. Pada tahap pertama dilakukan tes awal dengan diperoleh siswa sebanyak 13% yang mendapat nilai standar minimal ke atas. Secara kuantitatif dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dengan hasil rata-rata pencapaian kelas 72% dan 70% untuk jumlah siswa yang berhasil memperoleh nilai standar minimal ke atas. Siklus II meningkat menjadi 82% untuk rata-rata pencapaian kelas dan 87% jumlah siswa yang berhasil memperoleh nilai standar minimal ke atas. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan prestasi siswa berturut setelah siklus I adalah 20% dan 57% sedangkan pada siklus II diperoleh sebanyak 10% dan 17% sehingga penelitian ini dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Menulis, Media, Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 May 2018 01:34
Last Modified: 26 May 2018 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4275

Actions (login required)

View Item View Item