SARKASME BAHASA SASAK DI DESA BUG-BUG KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT ( TINJAUAN DARI SEGI BENTUK DAN MAKNA

HADI, SAMSUL (2011) SARKASME BAHASA SASAK DI DESA BUG-BUG KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT ( TINJAUAN DARI SEGI BENTUK DAN MAKNA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
babv.doc
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tentang sosiopragmatik. Masalah yang di bahas dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah bentuk sarkasme Bahasa Sasak Di Desa Bug-Bug? 2) makna apakah yang ditimbulkan oleh bentuk sarkasme Bahasa Sasak Di Desa Bug-Bug? 3) bagaimanakah realisasi kekasaran sarkasme bahasa sasak Di Desa Bug-Bug?. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai adalah: 1) mengetahui bentuk-bentuk sarkasme Bahasa Sasak Di Desa Bug-Bug. 2) mengetahui makna sarkasme Bahasa Sasak Di Desa Bug-Bug dan 3) mengetahui realisasi kekasasaran sarkasme Bahasa Sasak Di Desa Bug-Bug. Penelitian ini dilakukan di Dusun Bug-Bug Utara Desa Bug-Bug Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan metode simak di mana peneliti harus berbaur di dalam kehidupan informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, tingkat kekasaran sarkasme bahasa sasak di desa bug-bug di pengaruhi oleh beberapa hal yaitu: 1) Nilai rasa dari ungkapan atau tuturan tersebut 2) Status sosial penutur 3) Hubungan penutur dengan sasara tuturan 4) Jarak peringkat jarak sosial penutur dengan sasaran tuturan 5) Suasana ketika atau nada ketika tuturan itu terjadi 6) Tambahan kata “anak”di depan kata kotor tersebut dan 7) Jumlah penutur dari kata tersebut, semakin sedikit yang berani menuturkan kata tersebut maka, semakin kasar makna yang ditimbulkan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sarkasme, Bahasa Sasak, Sosiopragmatik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 May 2018 01:27
Last Modified: 26 May 2018 01:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4299

Actions (login required)

View Item View Item