PENGARUH STRATEGI MODELING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS SISWA KELAS VII SMPN 18 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Kurniati, Ita (2015) PENGARUH STRATEGI MODELING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS SISWA KELAS VII SMPN 18 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017-2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL ITA KURNIATI.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Pengaruh Strategi Modeling Terhadap Kemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2017-2018 ini dilatar belakangi oleh kenyataan yang terjadi di lapangan yaitu nilai hasil belajar siswa di SMPN 18 Mataram rata-rata di bawah KKM yaitu 65 untuk mata pelajaran bahasa Indonesia. Rendahnya nilai yang diperoleh siswa, bukan hanya terjadi karena kesalahan siswa, tetapi juga kesalahan dari guru yang cenderung mengajar dengan metode ceramah, sehingga sebagian besar siswa kurang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakan Pengaruh Strategi Modeling Terhadap Kemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2017-2018? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Pengaruh Strategi Modeling Terhadap Kemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2017-2018. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, serta observasi dan dokumentasi sebagai pelengkap. Selanjutnya, metode analisis data menggunakan rumus f hitung untuk uji homogenitas dan t-tes untuk menguji hipotesis. Setelah penelitian dilakukan, data hasil penelitian dimasukkan ke dalam tabel, kemudian dihitung menggunakan rumus. Hasil uji-t menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari t table pada taraf signifikansi 5% dengan dk= N1+ N2- 2 = 20+20-2= 38 (38.55 > 2,021), maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan sebaliknya hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya terdapat Pengaruh Strategi Modeling Terhadap Kemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2017- 2018”, dengan kata lain penelitian ini signifikan. Kemudian Untuk melihat tingkat pengaruh dari strategi modeling terhadap kemampuan menulis surat dinas dapat menggunakan tabel pedoman koefisien korelasi yaitu 1,000 untuk interval koefisien tertinggi dengan tingkat pengaruh sangat kuat dikaitkan dengan nilai hasil uji hipotesis (uji-t) = 38.55. Maka, dapat dikatakan bahwa strategi modeling berpengaruh sangat kuat terhadap kemampuan menulis surat dinas mata pelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Modeling, Kemampuan Menulis, Surat Dinas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 May 2018 04:49
Last Modified: 28 May 2018 04:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4362

Actions (login required)

View Item View Item