PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY AND SOCIETY (STS) DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 2014/2015

SETIAWAN, TRISNO (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY AND SOCIETY (STS) DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Awal Cover sampai abstrak.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Science Technology and Society (STS) dengan metode diskusi terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMPN 1 Labuapi tahun ajaran 2014/2015. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 1 Labuapi tahun ajran 2014/2015. Desain penelitiannya adalah posttest only control group design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling, sehingga diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa pada kedua kelas sama yaitu 25 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes multiple choice dengan empat alternatif jawaban dengan mempertimbangkan validitas, reliabilitas, daya beda dan taraf kesukaran soal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksprimen adalah 75.05 dan kelas kontrol sebesar 54.4, kedua kelas terdistribusi normal dan homogen. Data posttest dianalisis dengan menggunakan uji-t dua pihak dan diperoleh t_hitung sebesar 11.65 sedangkan t_tabel 2.02 dengan taraf signifikan 5%, dari data tersebut diperoleh t_hitung≤ t_tabel<t_hitung sehingga t_tabel≥-t_hitung dan atau t_hitung>t_tabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa antara penggunaan model pembelajaran Science Technology and Society (STS) dengan metode diskusi dan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Science Technology and Society (STS) dengan metode diskusi berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMPN 1 Labuapi tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : model pembelajaran STS, metode diskusi, hasil belajar fisika siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 May 2018 04:45
Last Modified: 28 May 2018 04:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4391

Actions (login required)

View Item View Item