NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT SUKU SASAK “BALANG KESIMBAR” DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN DALAM KELUARGA SASAK

JAYA, L. ENDI KUSUMA (2010) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT SUKU SASAK “BALANG KESIMBAR” DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN DALAM KELUARGA SASAK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EDIT BARU.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)

Abstract

Skripsi berjudul Nilai-nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Suku Sasak “Balang Kesimbar” dan Relevansinya dengan Pendidikan dalam Keluarga Sasak ini. Di latar belakangi oleh banyaknya nilai-nilai pendidikan didalamnya dan adanya fenomena banyaknya tontonan yang tidak mendidik bagi anak dibawah umur. Rumusan masalah skripsi ini adalah 1) bagaimanakah deskripsi tokoh, alur, dan latar dalam cerita rakyat suku Sasak Balang Kesimbar? 2) apa jenis-jenis pendidikan dalam cerita rakyak suku Sasak Balang Kesimbar? 3) bagaimanakah relevansi nilai pendidikan dalam cerita rakayat suku Sasak Balang Kesimbar dengan nilai pendidikan dalam keluarga Sasak dewasa ini?.Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan tokoh, latar, dan alur, mendeskripsikan jenis-jenis nilai pendidikan dalam cerita rakyat suku Sasak Balang Kesimbar, dan menemukan relevansi nilai pendidikan dalam cerita dengan pendidikan dalam keluarga sasak. Jenis penelitian skripsi ini adalah kulitatif, sumber data cerita rakyat suku Sasak Balang Kesimbar, metode pengumpulan data secara studi lapangan, dan metode analisis data secara deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu tokoh Balang Kesimbar memiliki sifat sabar, berbakti, patuh terhadap perintah raja, rajin, jujur, tidak pernah putus asa, dan cekatan; Lang-lang bertanggung jawab, tidak mudah putus asa, dan taat pada pemerintah; tokoh nenek penyayang dan tabah; tokoh raja yang meskipun egois dank eras kepala pada awal cerita, tetapi pada akhirnya sadar lalu bersikap baik dan bijaksana; tokoh guru tidak pilih kasih serta peduli terhadap murid-muridnya; tokoh patih taat dan patuh terhadap perintah rajanya; tokoh keliang mentaati birokrasi dan system pemerintahan yang ada; tokoh puteri bersifat perhatian, berbakti, pandai merayu, serta penolong; dan raksasa bersifat baik iawal cerita dan bersifat jahat diakhir cerita. Berdasarkan sifat dan prilaku para tokohnya, maka dalam cerita rakyat suku sasak Balang Kesimbar ditemukan adanya nilai-nilai pendidikan. Nilai-nilai tersebut berupa nilai moral yaitu bertanggung jawab, tidak mudah putus asa, penolong, rajin, sabar, berbakti, cekatan, dan rapi dalam berpakaian; nilai sosial yaitu musyawarah dalam mencari kesepakatan serta adanya sanksi bagi yang melanggar kesepakatan tersebut; dan nilai budaya yaitu wayang yang merupakan hasil pikiran dan karya manusia. Keseluruhan nilai-nilai pendidikan ini memiliki relevansi dengan pendidikan dalam keluarga sasak dalam hal penerapannya di kehidupan nyata sehari-hari sebagai pedoman dalam pendidikan dan budi pekerti.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai-nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Suku Sasak “Balang Kesimbar” dan Relevansinya dengan Pendidikan dalam Keluarga Sasak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 May 2018 05:00
Last Modified: 30 May 2018 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4398

Actions (login required)

View Item View Item