KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI PADA SISWA SMPN 2 MATARAM

SAFITRI, YUNIAR ANDINI (2018) KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI PADA SISWA SMPN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Permasalahan utama yang dikaji pada penelitian ini adalah analisis kemampuan memproduksi teks eksposisi pada siswa SMPN 2 Mataram, yang ditinjau melalui struktur dan kaidah kebahasaannya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan memproduksi teks eksposisi pada siswa SMPN 2 Mataram. Hasilnya diharapkan dapat menjadi bahan perbaikan dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak atau dokumentasi, dilanjutkan dengan teknik bebas libat cakap, digunakan untuk menyadap tindakan yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran bahasa dengan tanpa keterlibatan peneliti dalam proses tersebut (Mahsun, 2017). Pada praktiknya teknik ini diikuti dengan teknik lanjutan berupa teknik catat yang berfungsi mencatat hal-hal penting untuk membantu dalam mengingat sesuatu.Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan metode padan intralingual dengan teknik HBB, HBS, HBSP (Mahsun, 2017). Langkah berikutnya menetapkan kategori untuk memberikan bobot pada tiap variabel. Berdasarkan data yang telah diperoleh, bahwa secara kuantitatif dan kualitatif kemampuan memprooduksi teks eksposisi pada siswa SMPN 2 Mataram berada pada kategori cukup, karena skor cukup itu sendiri berada pada rentan angka 67-78, dan skor yang diperoleh yaitu,72. Di tinjau dari segi sempel penelitian, yaitu kelas VIII D dan VIII J. Kedua kelas yang ditetapkan sebagai sempel memiliki kemampuan cukup baik dalam menyajikan teks yang di tinjau melalui struktur berpikirnya, dengan skor masing-masing: 75 untuk kelas VIII D dan 68 (dibulatkan 70) untuk kelas VIII J. Pada kedua kelas ini, peneliti mengasumsikan bahwa kemampuan siswa SMPN 2 Mataram memiliki rata-rata yang hampir sama. Hanya saja, ada beberapa siswa yang memang benar-benar baik dalam menyajikan teks eksposisi dan ada juga siswa yang kurang baik dalam penyajiannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teks eksposisi, struktur, kaidah kebahasaan, kualitatif, kuantitatif, padan intralingual
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 30 May 2018 04:58
Last Modified: 30 May 2018 04:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4415

Actions (login required)

View Item View Item