PARALELISME DALAMWACANA MONOLOG TALKSHOW MATA NAJWA DI METROTV DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

FAHRURROZI, FAHRURROZI (2015) PARALELISME DALAMWACANA MONOLOG TALKSHOW MATA NAJWA DI METROTV DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKELS.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bentuk-bentuk paralelisme formal dan semantis yang terdapat pada wacana monolog talkswow Mata Najwa. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji tentang permsalahan (1) Bentuk paralelesme apa sajakah yang terdapat pada wacana talkshow Mata Najwa, (2) Bagaimanakah implikasinya terhadap pembelajaran berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Berdasarkan permasalah di atas, tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk paralelisme yang terdapat pada pada wacana talkshow Mata Najwa (2) Mengimplikasikan hasil penelitian terhadap pembelajaran berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif, yaitu penelitian yang tidak melakukan atau mengadakan perhitungan dengan data objek penelitian wacana monolog talkshow Mata Najwa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu metode simak yang dilanjutkan dengan teknik catat. Metode analisis data penelitian ini yaitu metode agih yang dijalankan dengan teknik pemerkuat, teknik sisip, teknik ganti dan teknik lesap. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa bentuk-bentuk paralelisme yang terdapat pada wacana monolog talkshow Mata Najwa yaitu, terdapat paralelisme formal yang berupa paralelisme fonologis (bunyi), morfolpogis, dan sintaksis. Sementara itu, pada wacana monolog tersebut juga terdapat paralelisme semantik yang berupa paralelisme sinonim, sintesis, dan antitesis. Terkait tentang implikasinya, penelitian ini dapat dijadikan materi tambahan serta dapat menjadikan video talkshow Mata Najwa sebagai media visual atau contoh suapaya peserta didik dapat belajar cara berbicara dari contoh tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Paralelisme, wacana monolg talkshow Mata Najwa, pembelajaran berbicara di SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 May 2018 02:00
Last Modified: 30 May 2018 02:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4417

Actions (login required)

View Item View Item