SHOMAD, ABDUL (2015) PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X 3 SMA NEGERI 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi Abdul Shomad.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas X 3 SMAN 2 Mataram tahun ajaran 2015/2016. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X 3 yang berjumlah 39 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan pendekatan CTL dilakukan 6 tahap yaitu tahap konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, refleksi dan penilaian sebenarnya. Penelitian ini dikatakan berhasil jika aktivitas belajar siswa minimal berada pada konversi nilai14,58 <18,75 dengan kriteria aktif dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal 85 % dengan nilai per siswa mencapai ≥ 75. Berdasarkan hasil evaluasi maka diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 14,33 yang berada pada kategori cukup aktif. Nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 73,10 dengan ketuntasan klasikal 74,44 %. Pada siklus II skor rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 16,17 yang menunjukkan berada pada kategori aktif. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 9,21 dengan nilai rata-rata kelas sebesar 82,31 dan ketuntasan klasikalnya sebesar 87,20 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan CTL dengan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas X 3 SMAN 2 Mataram tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pendekatan CTL, metode eksperimen, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 30 May 2018 04:53 |
Last Modified: | 30 May 2018 04:53 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4428 |
Actions (login required)
View Item |