HERDIANI, NINI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA KELAS VI SDN 2 SANGKAWANA TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil wawancara dan observasi di SDN 2 Sangkawana, sehingga ditemukannya masalah berupa kurangnya penerapan berbagai metode dan model pembelajaran yang digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar yang menyebabkan siswa kurang termotivasi dalam belajar sehingga hasil belajar juga masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Sains siswa kelas VI yang berjumlah 20 orang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana masing- masing siklus terdiri dari 4 tahapan yakni (1) Tahap Perencanaan, (2) Tahap Pelaksanaan Tindakan, (3) Tahap Observasi dan Evaluasi, dan (4) Tahap Refleksi. Nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yakni dari nilai 68 pada siklus I meningkat menjadi nilai 79 pada siklus II. Demikian juga dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal siswa pada siklus I di peroleh 60% dan meningkat pada siklus II menjadi 85% sehingga penelitian ini dianggap terlaksana dengan baik karena telah mencapai ketuntasan yang diharapkan. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Sains siswa pada setiap siklusnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 30 May 2018 04:53 |
Last Modified: | 30 May 2018 04:53 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4429 |
Actions (login required)
View Item |