PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA NARASI FIKSI DENGAN TEKNIK MEMPARAFRASAKAN PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

KUSUMAWATI, NI KADEK ASRI (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA NARASI FIKSI DENGAN TEKNIK MEMPARAFRASAKAN PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NI KADEK ASRI KUSUMAWATI (SKRIPSI).doc
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Peningkatan Kemampuan Menulis Wacana Narasi Fiksi dengan Teknik Memparafrasakan Puisi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2009/2010” merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakasanakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat wacana narasi. Permasalahan dalam penelitian ini, (1) apakah teknik memparafrasakan puisi dapat meningkatkan menulis narasi fiksi? (2) bagaimanakah cara memparafrasakan puisi menjadi wacana narasi dalam pembelajaran menulis kepada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Mataram? dan (3) bagaimanakah pengaruh hasil belajar siswa dalam menulis wacana narasi?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan menulis narasi fiksi, (2) untuk mengetahui cara memparafrasakan puisi menjadi wacana narasi dalam pembelajaran menulis kepada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Mataram, serta (3) untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam menulis wacana narasi. Pelaksanaan tindakan ini dilaksanakan melalui dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data digunakan teknik tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan tabel aspek penilaian. Berdasarkan hasil dari perhitungan dengan menggunakan rumus, diperoleh peningkatan kemampuan siswa dalam menulis wacana narasi. Pada siklus I nilai rata-rata yang didapatkan siswa sebesar 46,15 dan hasil pembelajaran siswa secara klasikal sebesar 50%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 57,27%, hasil pembelajaran secara klasikal juga meningkat menjadi 77,77%. Selisih skor antara siklus I dan siklus II sebesar 19,42%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kemampuan menulis wacana narasi dengan teknik memparafrasakan puisi dapat lebih meningkat setelah dilakukan tindakan melalui dua siklus.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peningkatan Kemampuan Menulis Wacana Narasi Fiksi dengan Teknik Memparafrasakan Puisi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jun 2018 06:00
Last Modified: 02 Jun 2018 06:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4468

Actions (login required)

View Item View Item