PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL SISWA KELAS X IIS SMAN 1 BATULAYAR TAHUN AJARAN 2016/2017

BERLIANA, MIRA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL SISWA KELAS X IIS SMAN 1 BATULAYAR TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS SMAN 1 BATULAYAR tahun ajaran 2016/2017 pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabe dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari lima tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar aktivitas siswa dan guru. Di mana dalam lembar observasi terdiri dari enam indikator dan setiap indikator terdiri dari tiga deskriptor serta hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil evaluasi setiap akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan hasil belajar rata-rata nilai siswa minimal 70 dengan ketuntasan klasikal lebih dari atau sama dengan 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan ke 1 adalah 8,00 dan pertemuan ke 2 adalah 8,34 dengan kategori cukup aktif. Pada siklus II terjadi peningkatan skor aktivitas belajar siswa yaitu pada pertemuan ke 1 adalah 11,01 dan pertemuan ke 2 adalah 13,00 dengan kategori aktif sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siklus I dan siklus II masing-masing yakni 67,45 dan 73,45 dengan ketuntasan klasikal berturut-turut yakni 55% dan 85%. Sehingga terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi sistem persamaan linier tiga variabel dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X IIS SMAN 1 BATULAYAR tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Discovery Learning, aktivitas belajar, hasil belajar, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jun 2018 03:52
Last Modified: 21 Jun 2018 03:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4567

Actions (login required)

View Item View Item