KHOTIMAH, SITI KHUSNUL (2017) KEANEKARAGAMAN CAPUNG (ODONATA) DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA DI KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SITI KHUSNUL KHOTIMAH (E1A 012 050).pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis keanekaragaman capung (Odonata) untuk dikembangkan sebagai media pembelajaran biologi di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif yang dilakukan pada bulan September sampai Oktober tahun 2016. Pengambilan data dilakukan sebanyak 4 kali pengulangan dalam waktu 1 bulan pada pagi dan sore hari (08.00-17.00 WITA). Metode yang digunakan dalam pengambilan data ialah metode survei dengan teknik sweeping net mengikuti jalur pengamatan sepanjang 500 m pada 4 tipe habitat (hutan primer, hutan sekunder, pertambangan dan perkebunan). Perhitungan indeks keanekaragaman capung menggunakan rumus Shannon-wienner (H'), sedangkan indeks biotik capung (DBI) dianalisis dengan indikator yang ditentukan oleh Samways. Hasil penelitian menunjukkan bahwa spesies capung (Odonata) yang ditemukan di Kecamatan Batukliang Utara sebanyak 7 famili terdiri dari 22 spesies dengan 1196 individu. Indeks Keanekaragaman yang diperoleh di Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah adalah 2,349. Indeks Biotik Capung (DBI) diperoleh nilai dengan rentang 0 – 4. Terdapat 7 spesies yang memiliki nilai DBI 0; 13 spesies memiliki nilai DBI 2 dan 2 spesies memiliki nilai DBI 4. Hasil penelitian ini dijadikan sebagai media pembelajaran biologi di SMA dalam bentuk Booklet.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | capung, keanekaragaman, media pembelajaran |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 21 Jun 2018 03:52 |
Last Modified: | 21 Jun 2018 03:52 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4570 |
Actions (login required)
View Item |