PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS OTAK (BRAIN BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017

RAHMATIN, LIA SARI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS OTAK (BRAIN BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LIA SARI RAHMATIN E1A012020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis otak (Brain Based Learning) terhadap hasil belajar IPA Biologi peserta didik kelas VIII SMPN 7 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah: penelitian semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan yaitu: Pretest and Post-test Group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu: seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 7 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dimana kelas VIII.1 dan kelas VIII.7 secara berurut terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif. Hasil uji-t untuk data hasil belajar kognitif didapatkan bahwa: thitung > ttabel (3,29 > 1,99), sehingga dapat disimpulkan bahwa: model pembelajaran berbasis otak (Brain Based Learning) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA Biologi peserta didik kelas VIII SMPN 7 Mataram tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Berbasis Otak (Brain Based Learning), Hasil Belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jun 2018 03:52
Last Modified: 21 Jun 2018 03:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4574

Actions (login required)

View Item View Item