PENGARUH TEKNIK MENERUSKAN TULISAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X.1 SMAN 1 SEKONGKANGTAHUN PELAJARAN 2017-2018

A.Rahim, A.Rahim (2018) PENGARUH TEKNIK MENERUSKAN TULISAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X.1 SMAN 1 SEKONGKANGTAHUN PELAJARAN 2017-2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi.pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai “Pengaruh Teknik Meneruskan Tulisan Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas X.1 SMAN 1 Sekongkang Tahun Pelajaran 2017-2018” Rumusan masalah dalam penelitian yaitu bagaimana pengaruh teknik meneruskan tulisan terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X.1 SMAN 1 Sekongkang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh penggunaan teknik meneruskan tulisan terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa X.1 SMAN 1 Sekongkang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental desing dengan desain penelitian one group pre-test-post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Sekongkang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik purposive samplingyaitu penentuan sampel yang disesuaikan dengan pertimbangan tertentu. Adapun pengambilan sampel ini didasari oleh pertimbangan bahwa nilai rata-rata hasil belajar tiap kelas yang sama, sehingga perlakuan yang dilakukan pada kelas tersebut akan menunjukkan peningkatan hasil belajar pada keseluruhan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, pelaksanaan tes dilakukan dua kali, yaitu pre-tes dan post-tes yang dilakukan untuk menilai perkembangan siswa dalam proses pembelajaran. Sementara metode analisis data menggunakan uji-t seluruh perhitungan uji-t akan dihitungmenggunakan program for windows Spss 20. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan spss versi 20 dengan melihat hasil pre-tes dan post-tes diperoleh t hitung sebesar 9,178 dan t tabel pada df 29 dengan taraf signifikan 0,05 adalah 1,699 ( thitung > ttabel ). Dengan demikian, hipotesis nol yang menyatakan tidak ada pengaruh hasil belajar sebelum menggunakan teknik meneruskan tulisan dalam menulis cerpen ditolak. Sementara itu, hipotesis kerja yang mengatakan ada pengaru hasil belajar menggunakan teknik meneruskan tulisan dalam keterampilan menulis cerpen diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teknik Meneruskan Tulisan, Keterampilan Menulis, Cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 21 Jun 2018 03:34
Last Modified: 21 Jun 2018 03:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4588

Actions (login required)

View Item View Item