Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika

Sugiana, I Nyoman and Harjono, Ahmad and Sahidu, Hairunnisyah and Gunawan, Gunawan (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika. In: Laboratorium Virtual dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Fisika. Arga Puji Press, Mataram, pp. 44-57. ISBN 9786026800404

[img]
Preview
Text
Ringkasan Bab 2 Buku Virtual Lab.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Peningkatan penguasaan konsep peserta didik dapat membuat kreativitas meningkat yang berakibat pada meningkatnya hasil belajar fisika. Laboratorium virtual memiliki pengaruh peningkatan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan media laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kreativitas fisika siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan non-equivalent control group design. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran generatif dan media laboratorium virtual, sedangkan variabel terikat adalah penguasaan konsep dan kreativitas, serta variabel kontrol adalah jam pelajaran dan materi pembelajaran. Instrumen tes penguasaan konsep yang digunakan berupa soal pilihan ganda (multiple choice) sebanyak 25 soal yang meliputi ranah kognitif dari C1 sampai C6. Sebelum digunakan, instrumen tes penguasaan konsep dalam penelitian ini mengalami beberapa uji yaitu validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Instrumen tes kreativitas berupa tes kreativitas verbal (TKV) dan tes kreativitas figural (TKF), masing-masing berjumlah 5 soal. Berdasarkan hasil-hasil penelitian yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran generatif berbantuan media laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kreativitas fisika peserta didik. Penguasaan konsep fisika peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan peserta didik kelas kontrol. Demikian halnya dengan kreativitas fisika peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan peserta didik kelas kontrol.

Item Type: Book Section
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran generatif, laboratorium virtual, penguasaan konsep, kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. Gunawan M.Pd
Date Deposited: 08 Jun 2018 06:01
Last Modified: 29 Jun 2018 06:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4618

Actions (login required)

View Item View Item