Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Peserta Didik

Suranti, Ni Made Yeni and Gunawan, Gunawan and Sahidu, Hairunnisyah and Harjono, Ahmad (2017) Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Peserta Didik. In: Laboratorium Virtual dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Fisika. Arga Puji Press, Mataram, pp. 58-71. ISBN 9786026800404

[img]
Preview
Text
Ringkasan Bab 3 Buku Virtual Lab.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran sebagai salah satu komponen pendidikan hendaknya menyenangkan dan dapat memotivasi peserta didik untuk berpartisi aktif sehingga penguasaan konsep dan kreativitasnya dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model project based learning berbantuan media virtual terhadap penguasaan konsep dan kreativitas fisika peserta didik. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitiannya untreated control group design with pretest and posttest dengan teknik pemilihan sampel purposive sampling yang berjumlah 67 orang, 33 orang sebagai peserta didik kelas kontrol dan 34 orang sebagai peserta didik kelas eksperimen.Teknik pengumpulan data menggunakan 25 item soal tes pilihan ganda (multiple choice) pada komponen kognitif C1 s/d C6 dengan lima alternatif jawaban untuk memperoleh data penguasaan konsep fisika dan 8 item soal uraian untuk memperoleh data kreativitas fisika peserta didik yang terbagi atas 5 item untuk tes kreativitas verbal dan 3 item untuk tes kreativitas figural. Instrumen penguasaan konsep mengalami beberapa uji yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda. Instrumen kreativitas mengalami uji validitas oleh para ahli. Prasayarat analisis data menggunakan uji homogenitas dan uji normalitas, sedangkan analisis data menggunakan uji-t polled varian. Data hasil penguasaan konsep dianalisis dengan uji N-gain untuk mengetahui tingkat keberhasilan penggunaan model project based learning berbantuan media virtual pada setiap sub materi alat optik. Uji ini dilakukan untuk menghindari hasil kesimpulan bias pada penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning berbantuan media virtual terhadap penguasaan konsep. Kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan penguasaan konsep pada setiap sub materi dan aspek kognitif. Peningkatan pengusaan konsep dan kreativitas pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji N-gain menyatakan bahwa peningkatan tertinggi pada kedua kelas terjadi pada sub materi mata sedangkan peningkatan terendah terjadi pada sub materi kamera. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa adanya pengaruh model project based learning berbantuan media virtual terhadap kreativitas fisika peserta didik. Kreativitas peserta didik itu kreativitas verbal maupun kreativitas figural mengalami peningkatan pada kedua kelas. Kreativitas peserta didik pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan kelas kontrol. Kreativitas verbal meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan kreativitas figural pada kedua kelas.

Item Type: Book Section
Keywords (Kata Kunci): Model project based learning, media virtual, penguasaan konsep, kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. Gunawan M.Pd
Date Deposited: 08 Jun 2018 06:14
Last Modified: 29 Jun 2018 06:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4619

Actions (login required)

View Item View Item