Pengaruh Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Peserta Didik

Ekasari, Ria Rizki and Gunawan, Gunawan and Sahidu, Hairunnisyah and Harjono, Ahmad (2017) Pengaruh Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Peserta Didik. In: Laboratorium Virtual dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Fisika. Arga Puji Press, Mataram, pp. 87-99. ISBN 9786026800404

[img]
Preview
Text
Ringkasan Bab 5 Buku Virtual Lab.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Guru sebagai pendidik dituntut mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan (enjoyable learning), mampu mendorong motivasi, dan minat belajar melalui inovasi model dan media pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pengajaran langsung berbantuan media laboratorium virtual terhadap penguasaaan konsep fisika dan kreativitas fisika peserta didik. Penelitian eksperimen ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kreativitas adalah TKV (Tes Kreativitas Verbal) sebanyak 6 soal uraian dan TKF (Tes Kreativitas Figural) sebanyak 3 soal uraian, dengan indikator adalah kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan terperinci (elaboration). Sebelum digunakan, instrumen kreativitas TKV dan TKF divalidasi oleh para ahli. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pengajaran langsung (direct instruction) berbantuan media laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik. Kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan penguasaan konsep pada setiap sub materi dan aspek kognitif. Peningkatan penguasaan konsep kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasi uji N-gain menyatakan bahwa peningkatan tertinggi pada kedua kelas terjadi pada Sub Materi Sifat Elastisitas sedangkan peningkatan terendah terjadi pada Sub Materi Tegangan dan Regangan. Hasil penilitian menunjukkan pula bahwa terdapat pengaruh model pengajaran langsung (direct instruction) berbantuan media laboratorium virtual terhadap kreativitas fisika peserta didik. Peningkatan kemampuan kreativitas verbal kelas eksperimen lebih tinggi daripda kelas kontrol sedangkan peningkatan kemampuan kreativitas figural kelas eksperimen lebih rendah daripada kelas kontrol. Secara umum, kemampuan kreatiivtas kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Book Section
Keywords (Kata Kunci): model pengajaran langsung, laboratorium virtual, penguasaan konsep, kreativitas fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. Gunawan M.Pd
Date Deposited: 08 Jun 2018 06:47
Last Modified: 29 Jun 2018 05:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4621

Actions (login required)

View Item View Item