Pengaruh Pembelajaran Discovery Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik

Sari, Putri Iman and Gunawan, Gunawan and Harjono, Ahmad and Sahidu, Hairunnisyah (2017) Pengaruh Pembelajaran Discovery Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. In: Laboratorium Virtual dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Fisika. Arga Puji Press, Mataram, pp. 159-174. ISBN 9786026800404

[img]
Preview
Text
Ringkasan Bab 10 Buku Virtual.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika merupakan kegiatan pembelajaran tidak hanya ditekankan pada aspek produk saja yaitu pengetahuan dalam kategori mengingat saja, tetapi juga harus diimbangi dengan aspek proses untuk memahami konsep-konsep yang ada. Pembelajaran yang sepenuhnya menyampaikan materi tanpa melibatkan peserta didik langsung dalam pembelajaran, membuat peserta didik merasa jenuh dan mereka menganggap fisika merupakan pelajaran yang sangat sulit karena identik dengan banyaknya persamaan yang harus dihafalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery berbantuan media laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan pre-test and post-test control group design. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian meliputi tes penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Tes penguasaan konsep tersebut berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda sebanyak 35 soal yang mencakup aspek kognitif C1 sampai C6. Sebelum digunakan dalam penelitian instrumen tes penguasaan konsep diuji cobakan terlebih dahulu untuk memenuhi beberapa syarat yaitu validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Sedangkan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berupa tes tertulis berbentuk uraian sebanyak 5 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, model pembelajaran discovery berbantuan media laboratorium virtual berpengaruh terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik

Item Type: Book Section
Keywords (Kata Kunci): pembelajaran discovery, laboratorium virtual, penguasaan konsep, kemampuan pemecahan masalah fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. Gunawan M.Pd
Date Deposited: 08 Jun 2018 13:14
Last Modified: 29 Jun 2018 05:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4626

Actions (login required)

View Item View Item