ANDRIANI, SUSPIA (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU DI SMP NEGERI 10 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI SUSPIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) merupakan: sebuah model pembelajaran berbasis saintifik yang inovatif, dan lebih menekankan pada belajar kontekstual melalui kegiatan-kegiatan yang kompleks. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP Negeri 10 Mataram. Populasi dalam penelitian ini adalah: seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Mataram yang terbagi menjadi 10 kelas. Sampel ditentukan melalui tehnik purposive sampling sehingga diperoleh 2 kelas sampel yakni: kelas VIII-A (kelas kontrol) dan VIII-B (kelas eksperimen). Analisis data penelitian ini terdiri dari uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Data dalam penelitian ini terdistribusi normal dan varian data bersifat homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t pooled varians pada taraf signifikan 5%. Analisis data kemampuan berpikir kritis menunjukkan: thitung > ttabel yakni (28,838 > 1,671). Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa: model pembelajaran Poject Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP Negeri 10 Mataram.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci: Berpikir kritis , Project Based Learning |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 06:43 |
Last Modified: | 28 Jun 2018 06:43 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4699 |
Actions (login required)
View Item |