PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016

KUMALASARI, DESI (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA Biologi menggunakan media audiovisual dengan media gambar pada siswa kelas VIII SMPN 3 Gunungsari Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Gunungsari. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah test obyektif (pilihan ganda). Data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji-t dengan teknik independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian terhadap hasil belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,862 >2,012. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA Biologi menggunakan media audiovisual dengan media gambar pada siswa kelas VIII SMPN 3 Gunungsari tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Media Audiovisual, Media Gambar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jun 2018 06:43
Last Modified: 28 Jun 2018 06:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4701

Actions (login required)

View Item View Item