NURAINI, NURAINI (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TERBUKA (OPEN-ENDED LEARNING) DAN TPS (THINK PAIR SHARE) PADA SISWA KELAS VII SMPN 17 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI_NURAINI_(E1A012033).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini telah dilaksanakan di SMPN 17 Mataram dari bulan Mei sampai Juni 2016. Jenis penelitian adalah kausal komparasi dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran terbuka (open-ended learning) dan TPS (think pair share). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest non-control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 17 Mataram tahun ajaran 2015/2016. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis adalah soal dalam bentuk uraian dan untuk mengukur hasil belajar adalah test obyektif (pilihan ganda). Uji hipotesis data hasil penelitian menggunakan rumus independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% dengan bantuan program SPSS 17 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran open ended dan think pair share (p<0,05), (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran open ended dan think pair share (p>0,05).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Pembelajaran Terbuka (Open-Ended Learning), Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share), Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 06:43 |
Last Modified: | 28 Jun 2018 06:43 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4702 |
Actions (login required)
View Item |