PENGARUH PENERAPAN MEDIA KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MAN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013

HASDIANTI, HASDIANTI (2013) PENGARUH PENERAPAN MEDIA KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MAN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1-6.docx
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media kartu terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MAN 1 Mataram tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian adalah pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Mataram. Hasil penelitian berupa hasil belajar kognitif, lembar observasi afektif, psikomotor dan aktivitas mengajar guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen masing-masing 32,632 dan 76,447, lebih tinggi dari nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol masing-masing 33,919 dan 68,108. Data hasil belajar siswa kemudian dianalis menggunakan uji t polled varians. Hasil uji t diperoleh nilai thitung (4,505) > ttabel (1,996) pada taraf kesalahan 5%. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa penerapan media kartu berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MAN 1 Mataram tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media pembelajaran, media kartu, hasil belajar.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jun 2018 01:57
Last Modified: 28 Jun 2018 01:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4730

Actions (login required)

View Item View Item