EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011

Nisa, Khairun (2013) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Pendahuluan, Metode Penelitian, Analisis dan Kesimpulan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Pendahuluan, Metode Penelitian, Analisis dan Kesimpulan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah metode pembelajaran pemecahan masalah (Problem Solving) efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 3 Mataram tahun pembelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X SMA Negeri 3 Mataram tahun pembelajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini adalah kelas X10 sebagai kelas kontrol dan kelas X12 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sama yaitu 31 orang siswa. Pengambilan sample menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Pre-tes dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal kedua kelas, Post-test diberikan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan yang berbeda. Data hasil belajar kognitif dianalisis dengan menggunakan uji-t polled varians terhadap selisih nilai pre-test dan pos-test. Hasil penelitian diperoleh rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, baik pada pre-test maupun post-test. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai t hitung > t tabel, yakni 2,987 > 1, 671 pada taraf kesalahan 5%, sehingga menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Data hasil belajar untuk aspek afektif dianalisis menggunakan skala penilaian dan aspek psikomotor menggunakan skala likert. Hasil penilaian menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan rata-rata sangat baik pada kelas eksperimen, dan beberapa kategori baik dan kurang baik pada kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode Problem Solving efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 3 Mataram tahun pembelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Problem Solving, hasil belajar siswa
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jun 2018 06:39
Last Modified: 28 Jun 2018 06:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4738

Actions (login required)

View Item View Item