ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN SEMANGKA DI DESA TANAK AWU KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Gunawan, Indra (2017) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN SEMANGKA DI DESA TANAK AWU KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_INDRA GUNAWAN_C1G013104_FAPERTA_UNRAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran dan mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing lembaga pemasaran Desa Tanak Awu Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data adalah survey dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan snowball sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis efesiensi pemasaran yaitu margin pemasaran, share petani, distribusi keuntungan, dan volume penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran semangka yaitu: (I) Petani-Konsumen Akhir, (II) Petani-Pedagang Pengecer-Konsumen Akhir, dan (III) Petani-Pedagang Pengumpul-Pedagang pengecer-Konsumen Akhir. Efisiensi saluran pemasaran semangka berbeda-beda. Margin pemasaran yang relative efisien yaitu saluran pemasaran I dengan total margin sebesar Rp 0.00/kg, saluran II sebesar Rp 3.000/kg, dan saluran pemasaran II sebesar Rp 3.250/kg. Untuk Share Petani, saluran yang relatif efisien adalah saluran I sebesar 100% dan untuk saluran II dan saluran III dinyatakan belum efisien dikarenakan besarnya Share Petani kurang dari 50%. Untuk distribusi keuntungan pada saluran I tidak memiliki distribusi keuntungan sedangkan distribusi keuntungan pada saluran II sebesar 0,20 dan saluran III sebesar 0,05 sehingga pembagian keuntungan pada ketiga saluran dinyatakan bahwa distribusi belum merata. Volume penjualan yang relatif efisien berada pada saluran I sebanyak 236.330 kg, kemudian saluran III sebanyak 22.630 kg, dan terakhir pada saluran II sebanyak 15.980 kg, sehingga saluran yang paling efisien adalah saluran pemasaran I. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing lembaga pemasaran adalah menjual, mensortasi dan mengangkut. Sedangkan, kegiatan yang dilakukan oleh pedagang yaitu membeli, menjual, mensortasi dan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Efisiensi, Pemasaran, Semangka, Desa Tanak Awu.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Aug 2017 07:01
Last Modified: 28 Aug 2017 07:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item View Item