PEMETAAN KUALITAS SOAL UAS BAHASA INDONESIA YANG DIKEMBANGKAN OLEH GURU BAHASA INDONESIA ALUMNI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS MATARAM DI SMA SE-KABUPATEN LOMBOK BARAT

NURUL FAJRIANI, NURUL FAJRIANI (2018) PEMETAAN KUALITAS SOAL UAS BAHASA INDONESIA YANG DIKEMBANGKAN OLEH GURU BAHASA INDONESIA ALUMNI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS MATARAM DI SMA SE-KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemetaan Kualitas Soal UAS Bahasa Indonesia Yang Dikembangkan Oleh Guru Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Mataram Di SMA Se-Kabupaten Lombok Barat yang ditinjau dari validitas materi, validitas konstruk, dan validitas bahasa. Hal ini dilatar belakangi oleh soal UAS yang disusun oleh guru Bahasa Indonesia sebagian besar belum melakukan analisis butir soal secara keseluruhan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi dan metode catat. Data yang diperoleh dianalisis dengan format kesesuaian KD dan indikator, instrumen kualitatif butir soal, dan perhitungan manual. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) Kualitas soal berdasarkan validitas materi, pada validitas ini terdapat jumlah soal dari 23 sampai 30 butir soal Ulangan Akhir Semester yang terdapat pada SMAN 1 Labuapi hasil validasi dari aspek materi diperoleh 13 butir soal atau sebesar 43,33% yang telah memenuhi 4 kategori, 12 butir soal atau sebesar 40% yang hanya memenuhi 3 kategori, dan 5 butir soal atau sebesar 16,66% yang hanya memenuhi 2 kategori. Pada SMAN 1 Kuripan diperoleh 29 butir soal atau sebesar 96,66% yang telah memenuhi 4 kriteria dan 1 butir soal atau sebesar 3,33% yang hanya memenuhi 3 kategori. Sedangkan pada SMAN 1 Gunungsari diperoleh 19 butir soal atau sebesar 82,60% yang telah memenuhi 4 kategori dan 4 butir soal atau sebesar 17,39% yang hanya memenuhi 3 kategori. (2) Kualitas soal berdasarkan validitas konstruk, pada validitas ini terdapat jumlah soal dari 23 sampai 30 butir soal Ulangan Akhir Semester yang terdapat pada SMAN 1 Labuapi hasil validasi dari validitas kosntruk diperoleh 14 butir soal atau sebesar 46,66% hanya memenuhi 10 kategori, 11 butir soal pilihan ganda atau sebesar 36,66% yang hanya memenuhi 9 kategori, 5 butir soal uraian atau sebesar 16,6% hanya memenuhi 2 kategori. Pada SMAN 1 Kuripan diperoleh 18 butir soal atau sebesar 60% memenuhi 10 kategori, 7 butir soal pilihan ganda atau sebesar 22,58% yang hanya memenuhi 9 kategori, 5 butir soal uraian atau sebesar 16,6% hanya memenuhi 2 kategori. Sedangkan pada SMAN 1 Gunungsari diperoleh 11 butir soal pilihan ganda atau sebesar 47,82% yang hanya memenuhi 10 kriteria, 9 butir soal pilihan ganda atau sebesar 39,13% yang hanya memenuhi 9 kriteria, 3 butir soal uraian atau sebesar 13,04% yang hanya memenuhi 3 kriteria.; (3) Kualitas soal berdasarkan validitas bahasa, pada validitas ini terdapat 30 butir soal Ulangan Akhir Semester (UAS) di SMAN 1 Labuapi dan SMAN 1 Kuripan telah

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kualitas Butir Soal, Guru Alumni PBSI, SMA Lombok Barat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 30 Jun 2018 02:21
Last Modified: 30 Jun 2018 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4912

Actions (login required)

View Item View Item